Powered By Blogger

Sabtu, 04 Februari 2012

cara memilih jurusan kuliah

Berhubung sekarang sudah memasuki semester genap, untuk para siswa SMA pasti bingung menentukan pilihan mau melanjutkan ke jurusan apa. Sama halnya seperti saya tahun lalu. Kebingungan itu pasti terjadi. Rasa ketakutan pun tibu, salah satunya ya takut salju (salah jurusan).
Naaaaah ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih jurusan yang akan di pilih ketika melanjutkan ke perguruan tinggi. Ini saya tulis sesuai dengan pengalaman pribadi, berbagi cerita dengan teman dan mencari ke berbagai sumber tambahan.

Pertama, menyesuaikan cita-cita, minat dan bakat. Maksudnya, kita pilih jurusan yang sesuai dengan kemauan dan ketiga hal di atas. Jika pilihan yang kita pilih sesuai dengan itu semua maka semangat kita untuk menjalani dunia perkuliahan itu akan terasa enteng dan kita tidak merasa terbebani, berdoalah jika masih bingung.

Kedua, jadilah diri sendiri. Jangan pernah sekali-kali memilih jurusan karena ikut-ikutan dan jurusan tersebut sedang ngetrend. Karena sifat ikut-ikutan tidak akan bertahan lama yang akan membuat kita putus di tengah jalan.

Ketiga, kenali jurusan tersebut. Cari info mengenai status akredetasinya, karna itu sangat penting terlebih untuk perguruan tinggi swasta (mungkin kalau PTN terbantu dengan status "negri"nya). Setelah itu pelajari dulu latar belakangnya, sudah terpecaya atau lihat apakah lulusan jurusan dari perguruan tinggi tersebut menjanjikan atau tidaknya untuk masa depan kita.

Keempat, perhitungkan daya tampung jurusan / peluang diterima. Mungkin ini khusus untuk PTN ya, karena memang persaingan yang sangat tinggi untuk mendapatkannya. Perhitungkan presentasi antara diterima dengan jumlah peminatnya. Tapi kalau sudah yakin ya kenapa tidak

Kelima, pertimbangkan masa depan karir dan pekerjaan. Mungkin memang kuliah mencari ilmu, namun gak sedikit orang yang tujuan utamanya ya untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang besar. Untuk tipe orang seperti itu hal ini sangat diperlukan. Carilah informasi mengenai lapangan pekerjaan yang meenjadi tujuan akhir dari jurusan yang dipilih

Keenam, biaya. Ya, pikirkan tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk jurusan yang dipilih. Karena gak sedikit jurusan yang membutuhkan biaya penunjang, seperti untuk praktikum, membeli alat dan sebagainya.

Ketujuh, carilah informasi dan konsultasi. Jangan mencari informasi yang setengah-setengah, karena nanti malah setengah-setengah juga memilihnya. Selain itu, perbanyaklah bertanya dan meminta pendapat kepada orang yang lebih kompeten. Jadikan semua tu sebagai bahan pertimbangan.

Kedelapan, berdoa. Kalau semuanya sudah dilakukan tapi masih bingung juga, ya banyak-banyak berdoa, meminta petunjuk jurusan manakah yang memang terbaik.

Sekian dari saya, semoga ini dapat bermanfaat untuk yang sedang kebingungan menentukan pilihan hidup untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Pertimbangkan betul-betul, jangan sampai terjadi sakah jurusan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar