Powered By Blogger

Rabu, 18 Agustus 2010

Belajar Itu Nggak Susah Kok

Masih kesulitan dalam belajar? Jangan kuatir, ada solusinya kok. Simak deh cara belajar di bawah ini supaya sistem belajar kita tidak lagi kebut semalam.

1. Biasakan membaca dulu materi baru yang mau diajarkan guru. Gunanya supaya kita sudah punya gambaran waktu guru menerangkan. Kalau ada materi yang nggak dimengerti, jangan malu untuk bertanya.
2. Materi yang sudah diterangkan oleh guru, dibaca ulang lagi di rumah. Cara ini ampuh untuk membuat materi pelajaran awet dan bertahan lama di otak kita.
3. Selesai membaca ulang, buat ringkasan atau kesimpulannya dengan kata-katamu sendiri. Mau cara yang unik? Tulis ringkasannya di secarik kertas kecil seukuran kartu nama dan simpan di atas meja belajarmu. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang atau membaca singkat di waktu senggang.
4. Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuat kita selalu ingat dan paham akan materi tersebut.
5. Kalau badan capek, bakal susah buat konsentrasinya. Usahakan libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ulangan umum.

Nah, coba lakukan deh sistem belajar seperti model diatas. Dijamin kita tidak perlu susah payah menghapal materi pelajaran sampai semalaman. Karena kalau kita konsentrasi waktu guru menerangkan, materi sebenarnya sudah tersimpan di memori otak. Tugas kita hanya memanggil kembali ingatan tersebut. Ini lebih ringan ketimbang kita memasukkan semua materi ke ingatan dalam tempo singkat. Selain energi banyak habis terbuang untuk menghapal juga bakal mudah hilangnya beberapa materi dari ingatan. Sayang kan? Selamat belajar!

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar